1. Kekuatan
sinyal dari provider di sisi konsumen. Semakin jauh lokasi anda dari BTS maka
kecepatan koneksi internetnya makin buruk.
2. Pembatasan
dari pihak provider, atau sering disebut kuota. Provider telekomunikasi sering
memberi batasan kecepatan maksimum didapatkan hanya pada pemakaian, misalnya,
1GB pertama saja. Setelah itu maka kecepatan akan drop.
3. Panas.
Karakteristik perangkat elektronik adalah kinerja berbanding terbalik dengan
panas. Artinya semakin panas modem (akibat lamanya operasional) maka kinerja
modem akan semakin turun. Tentu panas ini dapat disiasatidengan kipas
eksternal.
4. Setting/Konfigurasi
modem yang tidak sesuai dengan standar dari provider.
5. Jumlah
pengguna. Semakin banyak pengguna yang menggunakan akses internet pada waktu
yang relatif bersamaan, tentu saja akan membuat jatah koneksi internet semakin
kecil. Biasanya provider memiliki hitungan sendiri tentang rasio pembagian
koneksi antara penggunanya. Sekedar ilustrasi, untuk 1 IP publik akan tetap
efektif mempertahankan kecepatan 512kbps untuk 20 pengguna saja, jika dibagai
ke 40 pengguna maka kecepatannya akan turun setengahnya.
6. Kualitas modem
itu sendiri. Maraknya produk-produk bajakan membuat banyak konsumen tertipu
dengan klain yang tertera pada kemasan produk. Untuk itulah teliti sebelum
membeli. Sebaiknya langsung dicobakan saja di tempat penjual, agar tidak ada
penyesalan dibelakang hari.
7. Terdapat
program atau perangkat lunak di komputer Anda yang berjalan di background (berjalan
tanpa Anda ketahui) yang sedang melakukan koneksi ke internet juga. Jika Anda
menggunakan koneksi Wi-Fi, kemungkinan bisa pada komputer lain yang juga menggunakan
jaringan internet yang sama dengan Anda
8. Sistem
operasi atau program lain di komputer Anda mungkin melakukan update. Ini
biasanya adalah penyebab umum yang menyebabkan kecepatan internet menurun pada
koneksi internet Anda. Periksa taskbar icon windows update
atau periksa program lain yang mungkin sedang melakukan update di background
9. Terdapat
pemeliharaan dari provider internet Anda atau ada masalah dengan provider
jaringan internet Anda. Untuk mengetahuinya, ada baiknya menghubungi call
centernya.
10.
Ada kesalahan pada layanan penyedia
internet Anda. Kunjungi situsnya untuk melihat status layanan.
0 comments
Posting Komentar